Saturday, March 24, 2012

teaching mission: accomplished!

bulan lalu saya sempet magang sebagai guru bahasa inggris gitu di sebuah SMP di Surabaya. jujur saya seneng banget karena karena kahirnya cita2 saya sudah setengah kesampaian untuk ngajar di kelas kaya guru favorit saya dulu :')

selama saya magang, saya ngga ngajar di sebuah sekolah favorit yang bonafid yang murid-muridnya kebanyakan anak-anak orang kaya. bukan. saya ngajar di sebuah sekolah baru, sekolah negeri, dengan mayoritas murid-murid dari kalangan menengah ke bawah.
awal saya datang ke sekolah itu, saya hopeless dan gatau gimana mau ngajar nya, karena seperti kebanyakan anak-anak dari kalangan menengah ke bawah, mereka bandelnya minta ampun. walaupun begitu, tetep ada beberapa dari mereka yang tetep rajin di kelas, dan mampu mengikuti pelajaran yang diberikan.



ketika ngajar, saya sempet ngasih murid-murid tugas untuk mendeskripsikan keluarganya. disitulah dimana saya, sebagai guru, mendapatkan pelajaran pertama saya dari murid saya. beberapa murid nanya ke saya apa bahasa inggrisnya tukang sampah, kuli bangunan, dan tukang becak. mereka bilang itu pekerjaan bapak mereka.
saya, sebelumnya ga pernah membayangkan bagaimana seoran tukang becak, kuli bangunan, atau tukang sampah menghidupi keluarganya. hari itu, saya tau, jawaban dari ketidaktahuan saya selama ini. dan bapak-bapak tadi, harus bangga sama putri-putrinya tadi. karena putri-putrinya jadi anak rajin, pinter, dan jago bahasa inggris di sekolah :)

beberapa hari setelah itu, saya mendapat cobaan pertama saat mengajar. mungkin setelah beberapa hari ngajar disitu, anak-anak jadi kenal dan dekat dengan saya. bagus sih, tapi ketika di kelas, mereka kaya seakan ngga respek sama posisi saya sebagai guru di kelas itu, jadilah saya kewalahan ngatur kelas hari itu.
atau kalo ngga, pas lagi nerangin di papan, yang belakang suka rame sendiri ngga merhatiin saya, dan rasanyaaa: SAKIT MEENN!!
saya jadi tau gimana perasaan guru2 saya dulu pas ngajar di kelas dan murid-muridnya rame sendiri. mungkin mereka merasakan sakit yang sama ya..

daaan, jadi guru itu capek, kenapa? karena di rumah juga harus tetep kerja nyiapin bahan ngajar buat besok, ngecekin tugas murid-murid dll.

well, think that's all i can write. sorry for random posting. gonna write here soon :)

No comments:

Post a Comment