Monday, November 7, 2011

"Memangnya aku masih boleh punya cita2 ya, Kak?"

Beberapa hari yang lalu, ane sempet ngobrol-ngobrol sama temen ane di kampus. Nah, temen ane ini menjadi salah satu relawan pengajar di sebuah komunitas peduli anak jalanan di kota ane. Waktu itu ane sempet mau daftar juga sih tapi udah ditutup hehe

Para relawan pengajar ini bertugas ngajarin anak2 jalanan mulai dari membaca, berhitung, dll yaahh kasarannya kaya sekolah gratis gitu lah gan, karna kebanyakan dari anak-anak jalanan tersebut ngga disekolahin sama orang tuanya.

Suatu hari, pas temen ane tadi lagi ngajar, sewajarnya seorang guru, temen ane iseng nanya ke anak2 tadi, "Cita-cita kalian nanti kalo udah besar mau jadi apa?"

Mereka semua diem.

"Ayo siapa mau yang jadi pilot, jadi dokter tunjuk tangan"

Mereka diem lagi.

Lalu tiba-tiba salah satu dari mereka denagn polosnya nyeletuk, "Memangnya kita masih boleh punya cita2, mbak?"

Temen ane diem. Kaget.

Lalu si anak tadi melanjutkan, "Kata bapak kita gausah sekolah, pokoknya kita disuruh ngamen aja".

Subhanallah ane terharu banget dengernya gan.. Seburuk itukah kehidupan mereka dan didikan orang tuanya, sampe mereka merasa ngga boleh punya cita2.

Ane sering liat temen-temen ane yang tiap ditanya apa cita-citanya mereka selalu jawab, "Ga tau, apa aja deh, yang penting kerja, halal"

Harusnya sih kita bisa aja punya cita-cita lebih dari sekedar "kerja halal" karna hidup kita lebih beruntung daripada anak-anak tadi. Kita masih dsekolahin sama orang tua kita, dan ga harus hidup sekeras mereka.

Maaf ya gan kalo sok bijak atau gimana, ane cuma mau share aja. Semoga bisa menginspirasi agan/sist sekalian buat lebih berani bercita-cita dan lebih berani mewujudkan mimpinya. Atau mungkin lebih membuka matanya untuk menyelamatkan pendidikan anak-anak yang kurang beruntung :)





ps. maaf ya kalo bahasanya Kaskus banget hehe copy-paste dari thread saya di Kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11355298 :)

No comments:

Post a Comment