Monday, July 2, 2012

there's AGE in MARRIAGE

jadi tadi di kantor tuh ceritanya lagi bahas nikah dan jodoh gitu. dengan 2 pria, yg satu galau mau nikah, yg satu galau belum dapat jodoh.
terus, saya, sebagai satu2nya wanita sekaligus yang termuda, cuma bisa ketawa dan memberi pendapat ala kadarnya sambil mbatin, "do i really have to be that galau when i'm on their age?" and "seriously, marriage already? i thought i'm still 12".
yaa, you'll never realize how grown up, how old or how mature you are until you see what the people ask you to discuss about *menerawang*
ngga tau kenapa beberapa hari ini hal ini seringa banget terlintas di pikiran saya.

PERNIKAHAN. MARRIAGE.

dimulai dari seorang teman main saya di deket rumah yang lebih muda setahun dari saya yang melangsungkan lamaran beberapa hari lalu.
ngga ngerti sih awalnya ada rame rame apaan di depan rumahnya, tapi begitu habis nanya ke mama, ternyata dia lamaran sama pacarnya. dan saya kaget. terus saya diketawain sama mama.
ya gimana ga kaget ya. saya yang setaun lebih tua sama dia aja masih nikmat nikmatnya ngejar passion, main sana sini, nonton, dateng ke gigs, ngafe, travelling, dll. dia, setaun dibawah saya, udah mau nikah aja.
ah tapi yaudahlah ya tiap orang kan beda yak :')

terus bahasan beberapa teman yang setelah sidang mulai curhat katanya mulai 'diminta' ke orang tuanya sama pacarnya. saya sih waktu itu ikutan ketawa aja ciye cyein dia, tapi dalam hati yaaaa ya gimana yaaaa ngahahaha :))

terus obrolan ngelantur sama pacar, waktu itu saya sempet bilang "aku masih pengen sekolah, pengen ngejar passion ku. laki itu bonus, datang dan pergi"
terus saya nyadar kok saya feminist sekali yaaa, kesannya kaya ga butuh laki gitu. tapi ya gimana yaaa, sejak beberapa bulan lalu emang saya udah bisa enjoy ngapa-ngapain sendiri, apalagi pas udah dapet kerja tanpa campur tangan lelaki manapun menyemangati saya.

terus lanjut curhatan dua orang pria seperempat baya di kantor tadi. yang satu galau gara-gara diminta nikahin cewe yang baru dia kenal, yang satu galau karna belum dapet jodoh.
dan sepanjang siang kami ngobrolin hal itu.
lalu lama-lama saya jadi nyadar, plus ngerasa aneh juga.
gila, ternyata saya udah segede ini ya.
saya udah diajak diskusi soal nikah sama teman.
saya ternyata udah cukup umur buat bahas nikahan.
ternayata lingkungan saya sekarang udah berubah, udah tumbuh jadi lingkungan dengan orang-orang yang udah boleh nikah.

selama ini tuh saya masih ngerasa kalo saya masih abege, masih baru lulus SMA.
kewajiban saya masih cuma belajar, kalo pun ada juga saya juga kerja.
saya masih suka main sama temen, naksir cowo sana sini, seneng- seneng, sekolah, cari temen. hal-hal yang gitu-gitu lah pokoknya.
mungkin saya kapok sama hubungan percintaan yang terlampau serius dan tergantung sama laki.
makanya saya semenjak itu memutuskan jadi cewe mandiri yg ga tergantung sama laki.
yang ngga kemalan pacar.
jadi larinya ke temen dan berusaha menyenangkan diri sendiri.

tapi obbrolan tadi siang bikin saya jadi nyadar, saya udah masuk usia dimana harusnya saya udah ngga kaget lagi sama pernikahan orang-orang sebaya saya.
sekarang saya tinggal memutuskan aja in what AGE im going to have my MARRIAGE
or i'll stay like what i am now.
FREE. LOVING MYSELF.


mungkin sekarang saya mikirnya kalo saya terlalu muda untuk tua.
saya masih cukup muda untuk meraih mimpi-mimpi saya.
tapi saya terlalu muda untuk menikah.
nanti, entah kapan, saya ingin saya tepat waktu dan usia untuk sebuah kata menikah.
bukan yang cukup muda, cukup tua, atau terlalu muda dan terlalu tua. tapi tepat waktu.

 "aku masih pengen sekolah, pengen ngejar passion ku. laki itu bonus, datang dan pergi"


mungkin harus ditambah dengan statement..

".. nanti kalo bonusnya udah pantes dan bisa dipake, berarti itu waktunya emang udah tepat"






xoxo,
otha :)

No comments:

Post a Comment