Sunday, June 3, 2012

see you when i see you, cuk!

Pernah ga sih kalian tuh ngerasa males sama suatu hal dan kalian ga terlalu berharap banyak untuk ketemu sama hal itu lagi? Kalo ketemu ya udah, kalo engga ya udah. Bingung ya? Iya, sama.. saya juga bingung jelasinnya hehe :P


Gini deh, misal kalian pacaran tapi jarang ketemu ama pacar, trus kalian hopeless lah mau ketemu ama dia, akhirnya kalian males, trus kalian ngerasa, “ah yaudahlah bisa ketemu ya udah, kalo ngga ya udah. See you when I see you lah”. Paham?  Jadi ketemunya ya kalo pas lagi ga sengaja ketemu gitu.
Ah okelah anggep aja kalian paham, daripada jelasinnya ga selesai2 ya ga?


Kalian liat “Cuk” diatas? Ngga sopan ya? Hahaha sorry.. “Cuk” itu menurut saya udah seperti sapaan khas Surabaya. Well, at least menurut saya. Menurut orang lain, beda-beda sih. Beberapa ada yang fine-fine aja, beberapa ada yang risih, beberapa ada yang diem-diem suka ngumpat cuk juga dalem hati kalo lagi sebel  :p
Kalo kalian bukan orang Surabaya, dan kalo kalian cukup tidak beruntung ketemu orang macem saya, mungkin saya akan ngajarin kalian ngomong “cuk”, dan kalian akan ngerasa itu adalah hal yang baru, lucu dan hal yang unik.


Kalo kalian orang Surabaya, lahir sampai besar di Surabaya, kemungkinan kalian adalah salah satu dari beberapa macem orang dari golongan penerimaan kata “cuk” diatas. Bisa jadi kalian adalah orang2 yang fine2 aja, kalo kalian terbiasa mendengar penggunaan kata tersebut atau bahkan menggunakan kata tersebut.  Bisa jadi juga kalian adalah orang yang risih dengan kata itu, entah emang risih dari sononya atau apa saya ga ngerti. Nah, yang golongan ketiga ini nih yang lucu. Mau ngumpat cuk aja pake dalem hati. Jaim sekali anda. Katanya sih konotasi nya cuk itu jelek. Menurut saya sih tidak, tapi menurut orang2 golongan ketiga konotasi nya jelek. Asal kalian tau aja, justru orang2 golongan ketiga itu yang bikin konotasi cuk jadi jelek. 


Kenapa? Karena mereka cuma menggunakan kata cuk kalo lagi sebel. Kan jadi nya cuk nya jatohnya kepake kalo lagi marah, emosi, mengungkapkan kemarahan, ya pokoknya yang jelek2 lah. Padahal kalo mereka bisa agak melek aja, banyak juga kok yang menggunakan kata cuk pas lagi becanda ama temen, kekaguman sama sesuatu, atau pas lagi nyapa temen. Misalnya pas lagi becanda, “Hahahaha bego kamu, cuk!” atau kalo pas mengungkapkan kekaguman, “Ampuuun,  Siwon gantengnya ga pake permisi, cuuk” atau “Woy, apa kabar cuk? Masih idup cuk?” dan masih banyak lagi. Sudjiwo Tejo pernah bilang dalam twit #Jancuk nya, kalo itu bisa jadi ungkapan kemarahan sampai keakraban.


Kalo mau melihat cuk dari sisi gaul, bisa disamakan dengan kata fuck dalam bahasa inggris. Kalo suka nonton film Hollywood kadang kan bule2 suka tuh asal nyisip2in cuk dalam kalimatnya, misal “what the fuck is happening?”, atau “I fucking love this song!”. Sama aja kan? Malah kadang lebih milih ngomong fuck daripada bilang cuk. Fuck lebih keren? Ndak juga. Cuk malah lebih Surabaya banget :p
Well, yaaa tapi tetep opini masing2 sih yaa itu. Asal bisa menyesuaikan aja mau pake kata cuk dimana dan dengan siapa. Semales apapun kalian yang risih sama kata cuk, semuak apapun kalian mendengar kata cuk, mau ga mau kalian harus ketemu kata cuk juga kalo kalian ada di Surabaya. Seperti frase see you when I see you, well yaa mungkin jadinya “hear you when I hear you” ya hehe karena buat yang risih2 kalian mungkin kalian ga akan mengusahakan mendengar kata cuk tapi kalian akan mendengar kata cuk effortlessly. Kalian ada di Surabaya, you can never escape from a “cuk”. Welcome to Surabaya, cuk! J



*tulisan ini adalah artikel yang saya bikin pas saya lagi tes jadi writer untuk majalah Provoke! dan alhamdulillah jumat kemarin ada kabar bagus bahwa saya keterima :)
oh iya, post ini juga saya persembahkan untuk kota kelahiran saya tercinta, Surabaya, di ulang tahunnya yang ke 719. HAPPY BIRTHDAY, CUK!! :)

No comments:

Post a Comment