Monday, June 4, 2012

bukan untuk cuek dan dicuekin

cuek, jutek, ngga peduli, dan temen-temennya emang kadang terdengar keren yaa..
kesannya cool gitu ya, sok-sok tampang jutek, tengil, ga peduli, wah sok cool banget lah pokoknya..
sekali lagi, KADANG..
tapi tapi tapi banyakan engga nya kalo menurut saya.
kenapa?

cuek sama hidup orang mungkin sah-sah aja.
boleh laah kita ngga peduli, ngga kepo, ngga terlalu ngurusin hidup orang lain, sementara kita sendiri aja belum tentu bener..

tapi, pernah ga sih kalian nyadar kalo kecuekan kalian itu malah ga menghasilkan apa-apa buat kalian?
misal nih ya, ada temen lagi galau, putus sama pacarnya atau lagi ribut sama pacarnya. terus kalian cuekin dia, terus dia depresi, frustrasi, terus kalian ngerasa useless ga sebagai temen?
kalo saya sih iya, ngga tau lagi kalo kalian hehe

care sama orang yang kita sayangi, dalam hal ini seperti sahabat, itu berdampak positif loh buat kita.
misal kalian ngasih nasihat buat temen yang galau. terus temen kalian bisa semangat lagi gara2 nasehat dari kalian, kan pasti kalian ngerasa seneng, bangga bisa bikin temen kalian tersenyum lagi :)
belum lagi, kalo kalian bisa sedikit aja lebih cerdik dalam melihat keadaan, kalian juga bakal kecipratan pengalaman dari masalah temen kalian tersebut..
ngga peduli seberapa 'neges' nya kalian ngasih nasehat sama temen padahal sendirinya juga ga gitu2 banget, tapi satu, at least kalian membantu temen, dan dua, secara ga langsung, kalian juga memotivasi diri kalian sendiri untuk jadi seperti apa yang kalian nasehatkan ke temen kalian itu.
kalo selama ini kalian cuma bisa mikir "oh aku harus nya kaya gini ya.. oh harusnya ini gini ya.." nah, saat meneasehati temen itu lah pikiran kalian itu kalian tumpahkan, tularkan ke temen kalian, sekaligus kalian memotivasi diri kalian sendiri.
kan ga enak aja sob kalo punya pikiran tapi disimpen sendiri, terus udah yaudah gitu aja, terus lama2 kalian lupa sama pemikiran brilian kalian tadi ;)

well, tapi terserah kalian mau se-care itu atau engga sama temen, karena saya percaya tiap orang itu beda-beda dan ada orang yang ngga se-care itu sama temennya hehe tapi jangan salah, bukan berarti temen kalian ga peduli, cuma mungkin cara menyampaikan nya aja yang berbeda.. nah sebagai teman kalian juga harus belajar untuk menerjemahkan itu ya :)

itu tadi kalo kita lihat dari permasalahan temen, sekarang kalo kita lihat dari pengalaman atau masalah dalam hidup kita sendiri.
beberapa dari kita mungkin ada yang saking cueknya, sampe2 ngga terlalu mempedulikan masalah-masalah dalam hidup kita sendiri.
mungkin kita cuek karena masalahnya sepele, kecil, atau ngga penting yaaa.. tapi percayalah, sekecil apapun itu, Tuhan ngga pernah ngasih hal yang tanpa alasan buat kita.
biarpun itu masalah kecil, kalo kita sedikit aja mau meluangkan waktu untuk merenung dan 'mempelajari' masalah kita, percaya deh, kalian pasti akan dapet pelajaran yang bener-bener udah kalian rasakan, udah bukan teori lagi, udah bukan 'katanya' lagi, pelajaran yang berharga banget buat langkah kita selanjutnya.

ayo dong, sedikiiit aja lebih sayang sama hidup kalian..
luangkan waktu buat 'mempelajari' setiap hal yang sudah kalian alami, entah itu baik atau buruk, entah itu besar atau kecil.
belajar itu bagus, belajar itu ngga useless kok selama kita sadar apa yang mau kita dapetin.
kalo kalian ngga mau belajar sendirian, kalian punya teman yang bisa diajak diskusi, galau bareng, belajar bareng, ngelantur bareng.. banyaaaak
mungkin ngga semua dari banyak teman yang kalian punya, tapi akan selalu ada satu atau dua orang yang meluangkan waktunya untuk galau bareng kalian, neglantur bareng kalian.. jangan pernah anggap teman-teman tadi jadi tempat sampah kegalauan aja, buka mata dong, itu adalah teman-teman terbaik kalian. teman-teman termanis kalian. teman yang patut kalian syukuri.
inget kalimat "Tuhan ngga pernah memberikan masalah tanpa solusi"? teman-teman itulah jalan yang dikasi Tuhan buat kalian buat cari solusi :)

jangan terlalu cuek, kalo ngga mau dicuekin..
hidup itu ngga pernah cuek sama kalian, hidup selalu kasih kalian ujian.
jangan goblok untuk males menguak setiap pelajaran dari setiap ujian hidup kalian :)



xoxo,
otha :)




*dedicated to all my best friends ;)

No comments:

Post a Comment