Friday, May 2, 2014

Participating 2.0


Semakin berkembangnya teknologi emang mempermudah segala macam hal, salah satunya berkomunikasi. Saking ngerasa jumawanya atas kemudahan berkomunikasi, kadang kita jadi lupa sebenarnya ada nilai-nilai yang hilang dari situ.


Jadi ceritanya saya lagi bikin semacam komunitas gitu. Bukan komunitas yang terdiri dari orang-orang yang berhobi sama sih, ya walaupun bisa dibilang iya, tapi saya lebih seneng menyebutnya dengan solusi.

Di komunitas ini, saya memfasilitasi (halah) temen-temen yang suka nggak ada temen buat diajakin nonton. Misal, mereka-mereka yang jomblo, yang langganan dimusuhin temen, yang LDR, atau yang se-geng langganan bokek mulu. Jadi di komunitas ini, kita mengorganisir orang-orang ini buat nonton bareng. Mereka tinggal bayar dan datang di hari-H, kemudian duduk menikmati filmnya. Nggak perlu ngantri atau kuatir kehabisan tiket. Selain itu, pasti mereka juga bakal ketemu sama orang-orang baru dong. Mereka bisa kenalan, sharing, cerita-cerita, dan lain-lain.

Komunitas yang saya mulai dari Twitter ini, yaa bisa dibilang belum terlalu besar sih, cuma jumlah followernya udah hampir 200-lah. Which is saya rasa udah lumayan kalo cuma buat cari massa untuk bikin nobar. Promote sana-sini, mention sana-sini, interview di radio, udah dijabanin. Followers udah hampir 200, wih rasanya girangnya minta ampun. Saya langsung mikir, “Asik, nobar selanjutnya pasti banyak yang ikutan nih.”



Tapi saya salah..



Ketika kegiatan nobar, jumlah yang ikutan nggak sebanyak jumlah follower. Bahkan jumlah setengahnya aja nggak nyampe. Kurang dari jumlah seperempatnya.

Terus pada kemanaaaaaa yang suka retweet-retweet “waaah mauuuuu”, “eh ikutan dong miiiiinnnn” or whatever.


See? begitu mudahnya berpartisipasi di era digital ini. Cuma modal retweet aja. Begitu ditodong buat ikutan beneran. Puff! Ilang.

Kita sedang ada di era digital. Yang ada bisa jadi nggak ada, dan yang nggak ada bisa jadi ada. Dalam kasus saya, yang ada malah jadi nggak ada.

Di era digital, kemudahan berkomunikasi dan berpartisipasi menjadi amat sangat mudah. Di Twitter misalnya, mau nanyain kabar aja bisa lewat mention, tanpa harus nanya nomer hape temen tanpa harus ketemuan. Mau ikutan nyela politisi? Ga perlu ikutan demo panas-panasan, pake hestek aja, atau bahkan sekedar retweet aja, udah bisa dibilang berpasrtisipasi. Makanya gak heran ada banyak oknum-oknum berjiwa (sok) sosial yang muncul di Twitter. Ups, sorry.

Kenapa saya bilang sok sosial? Karena nggak jarang yang kaya gitu-gitu itu cuma sekedar ngetwit aja. Pas ditodong buat ikutan aksi nyata, eh pada melipir.

Contoh yang paling gampang aja, kalo ada bencana alam. #PrayForBlaBlaBla misalnya. Yaudah cuma gitu doang. Pas diajakin nyumbang atau apa, puff! ilang.

Dear millennian generation, cuma sebatas itukah partisipasi kalian sebagai warga dunia? Cuma sebatas itukah simpati kalian? Hestek doang gak bakal bikin orang-orang yang lagi kelaparan di pengungsian bencana bisa dapet makan. Come on.



“Tapi kan masih mending, biar keliatan peduli gitu. Daripada nggak sama sekali?”



Dih pencitraan. Temenan aja sana sama bengkoang. Biar jadi body lotion.

Menurut saya, mending nggak ikutan heboh daripada cuma buat pencitraan doang.  Ya preferensi masing-masing sih, menunjukkan kepedulian memang bisa dengan cara apa saja. Tapi kalo nggak ada aksi nyata yaaa mending ngetwit galau aja, beneran jelas nyata kan.

Saya menyebut hal semacam ini dengan digital participation. Berpartisipasi secara digital. Lebih mudah memang. Dengan begitu, nggak ada yang seakan mengharuskan kamu untuk berpartisipasi nyata. Lagian juga gak bakal ada yang tau kamu ikutan beneran apa enggak.


But, people..


Socializing and participating are waaay more than that. Dengan ikutan aksi nyata, beneran ikutan physically, kalian akan bisa ketemu sama orang-orang baru. Ketemu orang yang sehobi, ketemu yang satu visi, satu misi, satu bahan becandaan, apapun. Dari situ, siapa tau bisa berkolaborasi, sukur-sukur ada yang ngajak rabi :3

Kita nggak pernah tau siapa yang bakal kita temui dan kita juga ga bakalan tau apa yang bisa kita bikin dari situ.

Ayolah, nggak ada ruginya kok ketemu orang baru. Bisa menambah referensi sikap orang-orang aneh dalam hidupmu loh. Yang terobsesi ama zodiak, lumayan kan bisa buat nambah referensi zodiak dan karakterisitik nya hahahaha

Kasarannya begini nih, kaya kalian tuh pacaran LDR. Tapi nggak ketemu, cuma chatting, telpon, Skype, gitu-gitu doang. Gimana rasanya?

Tapi pas udah ketemu, kalian bakalan bisa ngobrol, becanda bareng, liat-liatan, bakalan semakin ngerasa deket. Siapa tau juga, kayak yang udh dibilang diatas tadi, sukur-sukur bisa diajak rabi :3

So, go out, be real, and put your gadgets down! The world is waaaaaay bigger than the screen of your smartphone.


Selamat berpartisipasi!

No comments:

Post a Comment