Saturday, May 19, 2012

passion, profession, and predilection

setelah berminggu-minggu ga galau, akhirnya saya punya bahan galauan juga buat ngeblog lagi hahahaha
okay, jadi begini...........

kurang dari setengan jam yang lalu, saya baru aja nonton sebuah acara di salah satu stasiun TV swasta.
acara tersebut.. enggg gimana ya jelasinnya, yang di jelas acara itu tuh kaya ngebahas, eh bukan ngebahas sih, yah semacam acara motivasi gitu lah yang berhubungan tentang passion, karir, dan sejenisnya.

nah, kebetulan.. beberapa minggu ini saya lagi sering-seringnya ketemu sama salah seorang teman saya yang yah boleh dibilang menurut saya udah sukses menuruti passion nya dalam kerjaannya. ya walaupun dia masih kuliah dan kerjaan part time nya ga bergaji begitu besar, tapi saya salut banget sama dia, karena dia udah menemukan dan berhasil ngikutin passion nya. dia ketemu dengan banyak orang-orang keren, punya networks 'bermutu' daaaaan jujur saya agak iri karena beberapa kali dia dapat tawaran kerjaan freelance yang selalu saya idam-idamkan : MENULIS.

dalam beberapa kesempatan, saya sering curhat sama dia tentang keinginan-keinginan saya, hobi saya, dan cita-cita saya. saya selalu bangga menceritakan itu semua dengan orang-orang yang saya kenal, tapi saya juga cukup minder untuk mewujudakan apa yang selalu saya ceritakan kepada mereka. saya terlalu takut untuk itu semua. saya nggak pede.


sampai suatu hari, saya berada dalam sebuah situasi yang 'engga banget' dimana saya ngerasa nganggur itu ngga enak, saya menjadi orang yang tidak produktif, dan jujur di situasi tersebut saya merasa malu sama umur saya. di saat teman saya yang itu sudah bisa berpenghasilan sendiri dan mengikuti passion nya, saya masih bisa main, curhat sana sini dan masih ngga tau mau ngapain mau jadi apa. waktu itu saya curhat sama temen saya itu. saya bilang ke dia, "aku pengen cari kerja" dan dia melontarkan sebuah pertanyaan yang bikin saya mikir berminggu sampai sekarang, dia tanya "sebenarnya passion mu apa sih?" simple tapi jleb banget. saya bilang "ngga tau". sumpah waktu itu saya malu abis. saya bilang ke dia kalo dari dulu passion saya adalah ngajar, saya pengen jadi guru. tapi belakangan saya ngerasa galau, saya pengen kerja sesuai hobi saya juga. dia tanya apa hobi saya, saya jawab saya suka gambar, bikin desain, dan nulis.

saya, dengan sok selalu berkata dan bertekad untuk bekerja sesuai passion saya, tapi saya, sekarang malah ga bisa jawab ketika ditanya passion saya apa.

di beberapa post sebelumnya, saya ngga jarang bilang bahwa saya pengen jadi guru. dan memang, menjadi seorang guru itu menyenangkan. tapi saya selalu melihat bahwa kesmpatan saya sangat kecil disitu. ada banyak faktor yang selalu bikin saya mikir "ah kayanya ga mungkin deh" atau "ah repot, butuh banyak waktu, keburu ngga pengen". saya tau itu pikiran bodoh, tapi ya gimana ya, itu kan manusiawi banget ya.
lalu lalu laluuuu, beberapa bulan belakangan saya memiliki ketertarikan baru : DESAIN.
tiba-tiba saya pengen jadi desainer cover novel, lalu saya pengen jadi fashion designer, sekolah design, les jahit, dan punya fashion brand sendiri. entahlah random banget.
daan semakin random karena saya tiba-tiba pengen kerja nulis. entah itu penulis script radio, penulis artikel, jurnalis di majalah dan semacemnya.

beberapa orang, termasuk orang tua saya, menyarankan saya untuk jadi guru, dan mereka beranggapan bahwa saya harus bisa membedakan mana hobi dan mana pekerjaan. tapi sya itu pengen punya pekerjaan yang sesuai sama hobi saya! itu yang bikin saya bingung!! *ga nyantai*

sampe detik ini pun saya masih bingung, dan semakin bingung bin galau gara-gara nonton acara tadi.
ada satu quote yang saya inget banget dari tayangan tersebut, katanya, "Bukan masalah apa profesinya, tapi hal unik apa yang bisa dilakukan dari profesi tersebut". kalimat nya sih sederhana, tapi saya yakin butuh waktu yg tidak sebentar dan proses yang tidak gampang untuk mewujudkan hal itu.
saya butuh orang untuk diskusi masalah ini, sesorang yang paham tentang apa itu passion, apa itu profesi, mana yang harus didahulukan, apa yang harus saya lakukan, dan semacamnya.
semoga dalam waktu dekat saya bisa menemukan jawabannya.

oh iya, saya juga lagi berusaha "main dengan serius" dengan hobi saya, cari pengalaman dan coba-coba. itulah kenapa saya sebut dengan main hehehe. semoga segera terwujud. amiin :)





xoxo,
otha :)

3 comments:

  1. kenapa gak coba dipadukan aja tha? ngajar desain atau apalah. hehehe..

    ReplyDelete
  2. aduh iya, ada waktu kosong kapan km tha? mau nagih janji. hehee :p

    ReplyDelete
  3. belum berani deb, desainnya juga baru bisa yg dasar2 doang cuma sekedar seneng aja hehe dua
    minggu ini aku masih sibuk deb ngurusin TA, ntar kalo ada luang ta kabarin yes :D

    ReplyDelete